Alasan kenapa program kesejahteraan pegawai penting untuk perusahaan

SHARE

 

Perusahaan harusnya dapat memahami kesejahteraan pegawai sebagai salah satu cara menjaga aset pentingnya yakni karyawan. Tujuan dan manfaat kesejahteraan pegawai pun sebetulnya tidak hanya dirasakan oleh karyawan saja. Ternyata perusahaan yang lebih memerhatikan karyawannya juga akan banyak mengalami banyak keuntungan.

Mempertahankan karyawan yang kompeten dan menurunkan angka resign
Perusahaan yang tidak memperdulikan kesejahteraan pegawainya akan rentan dengan pengurangan karyawan. Hal ini akan memicu perusahaan mengeluarkan biaya yang lebih besar mencapai 1,5 hingga 2,0 gaji tahunan karyawan teratas untuk merekrut karyawan baru.

Perusahaan kopi terkenal di dunia seperti Starbucks, bahkan mengganti biaya kuliah para karyawanya agar mereka tidak resign. Hasilnya banyak karyawan Startbucks yang bekerja lama di perusahaan kedai kopi tersebut.

Membayar upah yang layak kepada karyawan bisa meningkatkan penjualan

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menyebutkan bahwa, dengan memberi kenaikan upah bagi para pekerja tidak lantas memberi dampak negatif pada kinerja karyawan. 

Bahkan perusahaan mengalami peningkatan penjualan dan kepuasan baik dari karyawan maupun pelanggan. Beberapa perusahaan di Amerika berani menggaji karyawannya dengan bayaran yang tinggi. 


Kesejahteraan pegawai mempengaruhi employer branding 
Dengan menumbuhkan atmosfer kerja yang fokus pada kesejahteraan pegawai, perusahaan tidak hanya mempertahankan karyawan mereka. Perusahaan juga dapat menarik karyawan baru serta membangun sebuah brand loyalty. Kesejahteraan pegawai juga secara tidak langsung dapat mempengaruhi employer brand di mata umum. 

Meningkatkan moral karyawan 
Memahami serta memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan karyawan adalah salah satu cara untuk meningkatkan moral karyawan. Moral karyawan yang tinggi akan mempengaruhi semangat mereka untuk berdedikasi pada perusahaan dan menjalankan pekerjaan mereka dengan lebih serius. 

Meningkatkan produktivitas dan kehadiran

Melalui program tunjangan kesehatan yang berupa asuransi atau mungkin pemberian vaksin kesehatan, ternyata bisa meningkatkan nilai kehadiran karyawan di kantor. 

Tidak hanya itu, bila karyawan semakin sehat biaya untuk melakukan claim asuransi pun semakin berkurang. 

Seperti beberapa waktu lalu, Microsoft Jepang melakukan uji coba bekerja hanya dalam waktu empat hari dalam seminggu. Hasilnya mengejutkan mereka mengalami peningkatan produktivitas karyawan dan penjualan.

Dengan banyaknya program kesejahteraan pegawai yang menguntungkan karyawan ternyata semakin banyak keuntungan yang dirasakan perusahaan. 

Jadi, semakin banyak karyawan menerima kesejahteraan, karyawan menjadi lebih bahagia dan lebih produktif. Lalu, apakah perusahaan tempatmu bekerja sudah membuat kesejahteraan karyawan yang sama seperti di atas?